h36fBKl6IGAl600aLh3XwESUlCJ3z4hPI1YGP78M

Chakra Solar Plexus / Manipura (Cara Menyeimbangkan + Mengaktifkannya)

Cakra ketiga disebut Manipura (मणिपूर - maṇipūra), yang berarti "permata berkilau." Manipura adalah nama asli Sansekerta untuk chakra Solar Plexus. Terletak di sekitar pusar di daerah ulu hati dan sampai ke tulang dada, itu adalah sumber kekuatan pribadi dan mengatur harga diri, energi pejuang, dan kekuatan transformasi. Chakra Manipura juga mengontrol metabolisme dan pencernaan.

Ketika Anda merasa percaya diri, memiliki tujuan yang kuat, dan memiliki motivasi diri, chakra ketiga Anda terbuka dan sehat. Jika Anda mengalami ketidakseimbangan chakra manipura, Anda dapat menderita karena harga diri rendah, kesulitan membuat keputusan, dan mungkin memiliki masalah kemarahan atau kendali. Ini berarti chakra  Solar Plexus Anda terhalang dan karenanya tidak dapat mencapai potensi sepenuhnya.

Untuk memahami chakra, ada beberapa detail utama yang harus kita pahami terlebih dahulu. Ini termasuk:

  • Nama asli dalam bahasa Sanskerta: Manipura
  • Elemen: Api adalah elemen utama dari solar plexus, atau chakra Manipura. Unsur ini dimaksudkan untuk menyalakan api batin Anda dan memperkuat api pencernaan Anda.
  • Warna: Warna cakra Manipura berwarna kuning cerah, seperti matahari.
  • Lokasi: chakra Solar Plexus / manipura terletak di sekitar area pusar tubuh di dekat perut bagian atas dan tulang dada. Karena lokasinya, chakra Solar Plexus juga terhubung dengan sistem pencernaan. chakra Solar Plexus / manipura adalah chakra ketiga dari tujuh chakra utama dalam tubuh. Area pusar ini harus terbuka untuk merasakan kepercayaan diri dan tujuan yang ingin Anda capai.
  • Simbol: Lingkaran dengan 10 kelopak yang di dalamnya tertulis segitiga yang mengarah ke bawah (kesadaran penuh gairah, dinamisme).
  • Organ indera: mata.
  • Mantra: Ram
Chakra Manipūra adalah “Kota Permata” di mana kita menemukan mutiara kejernihan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, dan kesejahteraan. Kilau mereka menjalar ke Chakra yang lebih rendah dan juga sampai ke Pusat Jantung (Chakra Anāhata).

Perasaan cinta dan kebahagiaan yang kita rasakan dalam hati kita sebenarnya berasal dari Chakra Manipūra dan bangkit dari sana ke Chakra Anāhata. Sinar positif yang berasal dari Chakra Manipūra juga memurnikan Chakra Svādhishthāna dan Chakra Mūlādhāra.

Di satu sisi, chakra solar plexsus yang seimbang memudahkan untuk menemukan keseimbangan antara kekuatan pribadi Anda dan hubungan yang harmonis dengan orang lain; di sisi lain, chakra ketiga yang tidak seimbang dapat merusak harga diri dan kehidupan sosial Anda.
Gagasan utama yang sesuai dengan chakra ketiga adalah: "Hormati dirimu sendiri". Energi yang diwujudkan pada tingkat ini berorientasi pada pemahaman yang lebih baik tentang individualitas kita sendiri dan cara manifestasi kita yang khas.
Seperti yang telah kita lihat di artikel sebelumnya, pusat kekuatan pertama, cakra Muladhara didominasi oleh keinginan untuk bertahan hidup. Pusat kekuatan kedua, chakra Svadhishthana dikaitkan dengan pengalaman seksual, secara luas untuk pengabadian spesies.

Pusat kekuatan ketiga, chakra Manipura dikaitkan dengan perilaku individu, yang akan memungkinkannya untuk menyelesaikan kebutuhan pribadinya: pakaian, tempat tinggal, makanan.

TANTANGAN TERBESAR: DIRI SENDIRI!

Di jalan kesempurnaan spiritual kita terdorong untuk menghadapi semua jenis masalah yang perlu kita hadapi setiap hari, dalam keadaan yang dimaksudkan untuk mengungkap kekuatan atau kelemahan batin kita. Pelajaran utama pada tingkat ketiga adalah menciptakan individualitas yang kuat, dari identitas yang terpisah dari kelompok.

Pusat dari cakra manipura ini adalah inti magnet kepribadian. Ini terkait dengan energi api yang halus, dan ketika api batin harmonis, seimbang, ia mendukung pengembangan beberapa kualitas seperti kepercayaan diri, kesehatan yang sempurna, dinamisme, semangat petualangan, kemauan keras, asimilasi makanan yang benar, tingkat energik yang tinggi, kapasitas bekerja lama tanpa lelah.
Chakra Solar Plexus / Manipura (Cara Menyeimbangkan + Mengaktifkannya)
Ketika chakra Manipura diaktifkan, orang tersebut memperoleh kapasitas menjadi spontan yang mudah, sangat dinamis dan mampu memimpin kelompok orang yang mengesankan.

Jika api halus dari chakra manipura ini terganggu, perasaan mudah marah, impulsif, dan konflik mungkin muncul, yang mengarah ke keasyikan mengendalikan dan mendominasi orang lain.

Cakra Ketiga adalah tentang kehendak. Tapi ini bukan hanya tentang menerangi ambisi dan antusiasme kita dalam mewujudkan sesuatu.

7 Cara Untuk Menyeimbangkan dan mengaktifkan Chakra Solar Plexus

Jadi, jika Anda curiga chakra solar plexsus Anda tersumbat, apa yang Anda lakukan?
Kunci dari chakra solar plexsus terbuka yang sehat adalah menemukan keseimbangan antara memastikan bahwa suara Anda didengar tanpa disisihkan, tetapi tanpa mengalahkan orang lain dengan kepercayaan diri yang keliru.
Manipura adalah chakra ketiga adalah sistem chakra. Secara tubuh, itu adalah solar plexsus atau chakra angkatan laut.

Secara anatomi, cakra manipura mengatur pankreas, organ sistem pencernaan, dan kelenjar adrenal. Bagian dari perasaan kelelahan yang tidak seimbang mungkin terkait dengan diberi energi yang tidak benar oleh makanan. Jika makanan yang dimakan tidak bertahan, chakra manipura dapat menjadi tidak seimbang, karena melibatkan organ pencernaan.

Nah, berikut 7 saran untuk menyeimbangkan dan mengaktifkan chakra ini:
  1. cari pengalaman dan kebijaksanaan baru untuk memperluas khasanah pengetahuan dan keterampilan Anda
  2. berlatih yoga
  3. makan makanan kuning seperti pisang, jagung, biji-bijian
  4. minum teh herbal
  5. pakailah kuning dan beri aksen kuning ke lingkungan rumah Anda
  6. dorong diri Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda dengan mengubah rutinitas harian Anda.
  7. Dengan melepaskan diri dari zona nyaman Anda, kepercayaan diri alami Anda akan mulai muncul. Berada di luar zona nyaman kita memang menakutkan pada awalnya, tetapi itu memusatkan kita untuk berada pada saat itu dan berhenti berpikir berlebihan.

Afirmasi Chakra Solar Plexus / manipura

  • Saya mencintai dan menerima diri saya sendiri.
  • Saya berdiri sendiri.
  • Saya kuat dan berani.
  • Saya layak mendapatkan cinta, kebaikan, dan rasa hormat.
  • Saya memilih yang terbaik untuk diri saya sendiri.
  • Saya mengekspresikan diri dengan cara yang kuat.
  • Saya bangga dengan prestasi saya.
  • Saya memilih hubungan yang sehat.
  • Saya authentic.
  • Saya mengarahkan hidup saya sendiri.
  • Saya menghargai kekuatan saya.
  • Saya merasakan kekuatan saya sendiri.
  • Saya bebas memilih dalam situasi apa pun.
  • Saya mencari peluang untuk pertumbuhan pribadi dan spiritual.
  • Saya berdamai dengan diri saya sendiri.
Chakra Solar Plexus / Manipura  memberdayakan diri Anda dengan mengubah pemikiran Anda tentang kegiatan sehari-hari Anda dari "Saya harus" menjadi "Saya memilih untuk".
Related Posts

Related Posts

samsung galaxy