h36fBKl6IGAl600aLh3XwESUlCJ3z4hPI1YGP78M

Apa Itu SEO / Search Engine Optimization?

Apa Itu SEO

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization / optimasi mesin pencari." Ini adalah proses mendapatkan lalu lintas dari hasil pencarian "gratis," "organik," "editorial" atau "alami" di mesin pencari.
Semua mesin pencari utama seperti Google dan Bing memiliki hasil pencarian utama, di mana halaman web dan konten lainnya seperti video, gambar atau daftar lokal ditampilkan dan diberi peringkat berdasarkan apa yang dianggap paling relevan oleh pengguna oleh mesin pencari. Pembayaran tidak terlibat, seperti halnya dengan iklan pencarian berbayar.

Istilah SEO juga menjelaskan proses membuat halaman web lebih mudah untuk perangkat lunak pengindeksan mesin pencari, yang dikenal sebagai "crawler," untuk menemukan, memindai, dan mengindeks situs Anda.

Sementara konsep SEO relatif mudah, banyak pendatang baru di SEO masih memiliki pertanyaan tentang spesifikasinya, seperti:

  • Bagaimana Anda "mengoptimalkan" untuk situs Anda atau situs perusahaan Anda untuk mesin pencari?
  • Bagaimana Anda tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk SEO?
  • Bagaimana Anda membedakan saran SEO "baik" dari saran SEO "buruk" atau berbahaya?
Membangun arsitektur situs yang kuat dan menyediakan navigasi yang jelas akan membantu mesin pencari mengindeks situs Anda dengan cepat dan mudah. Dan ini akan memberi pengunjung pengalaman yang baik dalam menggunakan situs Anda dan mendorong kunjungan berulang. Layak mempertimbangkan bahwa Google semakin memperhatikan pengalaman pengguna.

Pentingkah.....

Kenapa Harus Peduli Tentang SEO?

Penting untuk dicatat bahwa Google bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas mesin pencari di dunia. Ini mungkin berbeda dari satu industri ke industri lain, tetapi kemungkinan Google adalah pemain dominan dalam hasil pencarian yang ingin ditampilkan oleh bisnis atau situs web Anda.


Langkah pertama dalam optimasi mesin pencari / seo adalah menentukan untuk apa Anda sebenarnya mengoptimalkan. Ini berarti mengidentifikasi istilah yang dicari orang, juga dikenal sebagai "kata kunci," yang Anda ingin peringkat situs web Anda di mesin pencari seperti Google.

Misalnya, Anda mungkin ingin perusahaan widget Anda muncul ketika orang mencari "widget," dan mungkin ketika mereka mengetik hal-hal seperti "beli widget."

Ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan kata kunci yang ingin Anda targetkan di situs Anda:
  • Volume Pencarian - Faktor pertama yang perlu dipertimbangkan adalah berapa banyak orang yang benar-benar mencari kata kunci yang diberikan. Semakin banyak orang mencari kata kunci, semakin besar potensi audiens yang ingin Anda jangkau. Sebaliknya, jika tidak ada yang mencari kata kunci, tidak ada audiens yang tersedia untuk menemukan konten Anda melalui pencarian.
  • Relevansi - Suatu istilah mungkin sering dicari, tetapi itu tidak selalu berarti bahwa itu relevan dengan prospek Anda. Relevansi kata kunci, atau hubungan antara konten di situs dan permintaan pencarian pengguna, adalah sinyal peringkat yang penting.
  • Persaingan - Kata kunci dengan volume pencarian yang lebih tinggi dapat mendorong jumlah lalu lintas yang signifikan, tetapi persaingan untuk penentuan posisi premium di halaman hasil mesin pencari dapat menjadi sangat ketat.
    Apa Itu SEO / Search Engine Optimization?
Lalu......

Apa yang dicari oleh mesin pencari?

1) Relevansi

Mesin pencari mencoba memberikan hasil yang paling relevan dengan permintaan pencari, apakah itu jawaban sederhana untuk pertanyaan "berapa umur Ryan Gosling?" (jawaban yang Google kemungkinan akan berikan tanpa Anda harus meninggalkan SERP) ke pertanyaan yang lebih rumit seperti "apa restoran steak terbaik yang terdekat dengan saya?"

2) Kualitas konten Anda

Apakah Anda secara teratur menerbitkan artikel yang bermanfaat, bermanfaat, video atau jenis media lain yang populer dan diproduksi dengan baik? Apakah Anda menulis untuk manusia yang sebenarnya daripada mesin pencari itu sendiri?

Penelitian terbaru dari Searchmetrics pada faktor peringkat menunjukkan bahwa Google bergerak lebih jauh ke arah konten yang bentuknya lebih panjang yang memahami maksud pengunjung secara keseluruhan, daripada menggunakan kata kunci berdasarkan permintaan pencarian populer untuk membuat konten.

Pada dasarnya, berhentilah mengkhawatirkan kata kunci dan fokuslah pada pengalaman pengguna.

3) Pengalaman pengguna

Ada banyak manfaat SEO untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin. Anda memerlukan situs yang mudah dinavigasi, dapat ditelusuri dengan jelas dengan tautan internal yang relevan dan konten terkait. Semua hal yang membuat pengunjung di halaman web betah dan lapar untuk mengeksplorasi lebih lanjut.

4) Kecepatan situs

Seberapa cepat halaman web Anda dimuat semakin menjadi pembeda bagi mesin pencari.

5) Kompatibilitas lintas perangkat mobile friendly

Apakah situs web Anda dan kontennya sama-sama dioptimalkan untuk ukuran layar atau perangkat tertentu? Ingatlah bahwa Google telah menyatakan bahwa desain responsif adalah metode optimalisasi seluler yang disukai.

6) Internal linking

Kami telah berbicara tentang manfaat memastikan situs Anda memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan, tetapi ada juga praktik yang dapat dilakukan editor dan penulis saat menerbitkan artikel untuk membantu mendorong lalu lintas di sekitar situs dan yang dapat mengarah pada kepercayaan yang lebih tinggi sinyal untuk Google: internal lingking.

7) Domain Authority & Page Authority

Domain Authority merupakan website metric, yaitu ukuran kepercayaan sebuah situs yang dikembangkan oleh Moz. Ukuran tersebut di dapat berdasarkan mesin pencari dan pengguna. Semakin besar nilai DA sebuah situs, berarti semakin tinggi pula tingkat kepercayaan pengguna terhadap situs tersebut.

Nilai DA ini penting bagi keberlangsungan sebuah situs karena berhubungan langsung dengan SEO. Tingginya nilai DA tidak hanya menjadi bukti tingkat kepercayaan pengguna pada situs tersebut, tapi juga berpengaruh pada page rank di mesin pencari seperti Google.

Apa itu page authority? Sederhananya, ini adalah skor yang dapat memprediksi seberapa baik halaman tertentu akan tampil di halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor berkisar dari 1 hingga 100, dengan 100 menjadi sempurna.

8) Deskripsi meta dan tag judul

Memiliki deskripsi meta tidak akan serta merta meningkatkan peringkat Anda di SERP, tetapi itu adalah sesuatu yang harus Anda gunakan sebelum menerbitkan sebuah artikel karena itu dapat membantu meningkatkan peluang seorang pencari mengklik hasil Anda.

Deskripsi meta adalah paragraf pendek teks yang muncul di bawah URL halaman Anda dalam hasil pencarian.

9) Atribut alt pada gambar

Banyak orang lupa untuk menyertakan atribut alt ketika mereka mengunggah gambar ke konten mereka, tetapi ini jelas sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan karena Google tidak dapat 'melihat' gambar Anda, tetapi dapat 'membaca' teks alt.

10) Local SEO

Google semakin banyak menyajikan hasil kepada pengguna berdasarkan lokasi mereka. Ini sangat penting bagi bisnis di luar sana di dunia nyata yang ingin menarik perhatian pencari tepat pada saat yang tepat, yaitu saat berjalan di jalan, di ponsel mereka dan mencari tempat makan.

Anda harus mendaftar dengan Google Bisnisku dan memastikan bahwa semua informasi Anda akurat dan mutakhir, seperti waktu buka, informasi kontak, ulasan pelanggan, dan bahwa Anda dikategorikan dengan benar.

Dengan menjelaskan gambar Anda dalam teks alt seakurat mungkin, hal itu akan meningkatkan peluang gambar Anda muncul di pencarian Gambar Google.

Dan...
Tantangan SEO yang sedang berlangsung adalah memastikan bahwa halaman Anda mutakhir dan disesuaikan dengan target pengguna dalam desain dan kontennya.

Cara Kerja Search Engine Optimization

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritme atau serangkaian aturan untuk menentukan halaman apa yang akan ditampilkan untuk kueri yang diberikan. Algoritma ini telah berkembang menjadi sangat kompleks, dan memperhitungkan ratusan atau bahkan ribuan faktor peringkat yang berbeda untuk menentukan peringkat SERP mereka. Namun, ada tiga metrik inti yang dievaluasi mesin pencari untuk menentukan kualitas situs dan bagaimana peringkatnya:

  • Crawling
Google terus mencari web untuk mencari halaman baru atau yang diperbarui. Ini menggunakan program yang dikenal sebagai web crawlers, yang mengikuti tautan di internet dan melaporkan apa yang mereka temukan ke server Google.

Tautan - Tautan dari situs web lain memainkan peran penting dalam menentukan peringkat situs di Google dan mesin pencari lainnya. Alasannya, tautan dapat dilihat sebagai suara berkualitas dari situs web lain, karena pemilik situs web tidak mungkin menaut ke situs lain yang berkualitas buruk.

Situs yang memperoleh tautan dari banyak situs lain mendapatkan otoritas (disebut "PageRank" di Google) di mata mesin pencari, terutama jika situs yang menautkannya sendiri berwibawa.
  • Konten
Selain melihat tautan, mesin pencari juga menganalisis konten halaman web untuk menentukan apakah itu relevan untuk setiap permintaan pencarian yang diberikan. Sebagian besar SEO adalah dalam menciptakan konten yang ditargetkan untuk kata kunci yang dicari oleh mesin pencari.
  • Indexing
Ketika perayap web Google mengembalikan informasi tentang situs web, kumpulan server internal menganalisis konten setiap halaman untuk menentukan topik dan pesan utama. Informasi itu masuk ke dalam indeks Google sumber daya yang digunakan mesin pencari untuk menentukan peringkat halaman.

Struktur Halaman - Komponen inti ketiga dari SEO adalah struktur halaman. Karena halaman web ditulis dalam HTML, bagaimana kode HTML terstruktur dapat memengaruhi kemampuan mesin pencari untuk mengevaluasi halaman.

Termasuk kata kunci yang relevan dalam judul, URL, dan tajuk halaman dan memastikan bahwa suatu situs dapat dirayapi adalah tindakan yang dapat dilakukan pemilik situs untuk meningkatkan SEO situs mereka.

Proses optimisasi mesin pencari melibatkan pengoptimalan masing-masing komponen inti dari algoritma mesin pencari ini untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Btw....

Panduan SEO ini mengajarkan Anda pendekatan "menyaingi atasan" untuk peringkat mesin pencari. Jika Anda ingin melihat apa yang menurut Google atau Bing adalah yang terbaik untuk setiap permintaan spesifik, Anda hanya perlu melihat situs-situs yang sedang mereka beri penghargaan di hasil peringkat teratas dalam pencarian.

Setelah Anda menganalisis pilihan struktural dan konten apa yang berfungsi untuk menyaingi situs web tersebut, maka anda akan membuat konten yang lebih unik dari situs web tersebut. Anda dapat menjadikan halaman Anda "paling sempurna"!

Apa itu optimasi mesin pencari / Search Engine Optimization? Itu bukan rahasia atau trik. Anda harus berkomitmen tidak hanya untuk mengoptimalkan domain Anda, tetapi juga menjadikannya situs berkualitas yang menarik tautan secara alami dan layak di peringkat halaman pertama google.
Menciptakan situs web yang menawarkan pengalaman pengguna yang baik adalah satu tujuan. Tetapi situs tersebut juga harus mencapai peringkat tinggi. Itu melibatkan lebih dari sekadar tag dan kata kunci, atau penulisan konten, atau tautan, atau kecepatan. Itu membutuhkan daya dan upaya yang tangguh.
Related Posts

Related Posts

2 comments

samsung galaxy