h36fBKl6IGAl600aLh3XwESUlCJ3z4hPI1YGP78M

12 Tips Langkah Sederhana untuk Proses Membangun Merek yang Sukses

Apa itu merek?

Sederhananya, merek Anda ditentukan oleh persepsi keseluruhan pelanggan tentang bisnis Anda. Pendiri Amazon, Jeff Bezos, mengatakan lebih baik lagi: "Merek Anda adalah apa yang orang lain katakan tentang Anda ketika Anda tidak berada di dalam ruangan."

Branding sama pentingnya untuk bisnis kecil seperti halnya untuk nama besar. Memang, banyak merek korporat mencoba terlihat lebih seperti perusahaan kecil untuk menarik konsumen yang lebih suka mendukung merek independen.
merek yang dikenal dan dicintai adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki perusahaan.
Sebagai bisnis kecil, Anda mungkin bersaing dengan merek besar dengan pelanggan setia dan anggaran pemasaran tanpa batas. Itulah sebabnya Anda harus menemukan cara untuk membedakan dengan proses membangun merek Anda sendiri.
Branding lebih dari sekadar logo keren atau iklan yang ditempatkan dengan baik.
 Merek Anda adalah reputasi Anda! Di pasar saat ini, merek yang sukses harus konsisten dalam komunikasi dan pengalaman, di banyak aplikasi:
  • Environment (storefront or office)
  • Print collateral, signage, packaging
  • Website & online advertising
  • Content publishing
  • Sales & customer service
Sekarang, membangun merek menjadi sederhana? Yang benar adalah: branding tidak terjadi dalam semalam ... atau bahkan dalam beberapa bulan.

Membangun merek jelas merupakan suatu proses. Namun, upaya berkelanjutan akan menghasilkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan yang stabil dalam penjualan, lebih banyak proyek, rujukan dari mulut ke mulut, dan advokasi untuk produk atau layanan Anda.

Istilah "merek" dan logo "sering digunakan secara bergantian. Namun, meskipun logo bisa menjadi simbol bisnis, itu bukan keseluruhan merek. Bahkan, menciptakan logo hanyalah satu langkah kecil menuju pengembangan merek yang kuat yaitu identitas.
12 Tips Langkah Sederhana untuk Proses Membangun Merek yang Sukses
gambar logo merek terkenal

Apa itu membangun merek?

Definisi membangun merek adalah untuk membangkitkan kesadaran tentang bisnis Anda menggunakan strategi pemasaran dan kampanye dengan tujuan menciptakan citra yang unik dan bertahan lama di pasar.

Kesan positif + menonjol = kesuksesan merek.

Pada tahun 2020, penguatan citra merek Anda dapat dilakukan secara efektif melalui berbagai kegiatan pemasaran digital:
  • User Experience (i.e. your website)
  • SEO & Content Marketing
  • Social Media Marketing
  • Email Marketing
  • Paid Advertising (PPC)

Cara Membangun Merek yang Orang Cintai

Jika merek Anda masih dalam tahap awal atau bersiap untuk mengubah citra dan tidak yakin harus mulai dari mana, ikuti kiat ini untuk bergerak melalui proses dengan mulus dan membangun identitas merek yang lebih kuat yang membuat Anda siap untuk sukses.

1. Temukan tujuan di balik merek Anda.

Setiap merek yang sukses memiliki tujuan kuat di baliknya. Inilah yang Anda bangun setiap hari dengan cinta untuk orang lain (dan dunia) melalui produk atau layanan Anda.


Ada empat pertanyaan filosofis yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika mendefinisikan tujuan merek:
  • Kenapa kamu ada?
  • Apa yang membedakan Anda?
  • Masalah apa yang Anda pecahkan?
  • Mengapa orang harus peduli?
Anda akan menggunakan ide-ide ini untuk memberi tahu fondasi branding Anda, melalui slogan, slogan, suara, pesan, cerita, visual, dan lainnya. Jadi gali lebih dalam dan temukan puzzle kebenaran yang dapat membedakan merek Anda dari orang lain.
“Orang tidak membeli apa yang Anda lakukan; mereka membeli mengapa Anda melakukannya.
Tujuannya bukan untuk melakukan bisnis dengan semua orang yang membutuhkan apa yang Anda miliki.
Tujuannya adalah melakukan bisnis dengan orang-orang yang percaya dengan apa yang Anda yakini. "- Simon Sinek
Strategi merek Anda adalah rencana terperinci yang menguraikan dengan tepat apa yang Anda coba capai dan bagaimana Anda akan mencapainya.

 2. Teliti merek pesaing dalam industri Anda.

Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana merek Anda dipersepsikan, baik secara internal maupun eksternal.

Membangun identitas merek adalah semua tentang diferensiasi: membuat merek Anda terlihat, relevan, dan unik. Namun, tanpa pemahaman yang kuat tentang lanskap kompetitif Anda, mudah untuk berbaur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tidak hanya siapa pesaing Anda tetapi bagaimana membandingkan merek Anda, dalam persepsi dan presentasi.

Mendapatkan refleksi yang jujur dan akurat adalah satu-satunya cara untuk memahami bagaimana dan di mana Anda berhasil atau bagaimana Anda perlu memperbaiki.

Anda tidak boleh meniru apa yang dilakukan merek besar di industri Anda. Tetapi, Anda harus menyadari apa yang mereka lakukan dengan baik (atau di mana mereka gagal).

Tujuannya adalah untuk membedakan dari kompetisi. Meyakinkan pelanggan untuk membeli dari Anda atas mereka! Kami selalu berpikir tentang cara membuat merek menonjol dari apa yang sudah ada di luar sana. Jangan lewati langkah ini dalam proses membangun merek.

Teliti pesaing utama atau merek tolok ukur Anda. Misalnya, pelajari seberapa baik mereka telah membangun nama merek. Agar nama merek menjadi efektif, perlu mudah bagi konsumen untuk mengenali dan mengingat.

3. Tentukan audiens target merek Anda.

Landasan untuk membangun merek Anda adalah untuk menentukan target audiens yang akan Anda fokuskan. Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang, bukan?

Saat membangun merek, ingat siapa sebenarnya yang Anda coba jangkau. Anda akan menyesuaikan misi dan pesan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka yang sebenarnya.

Kuncinya adalah untuk mendapatkan spesifik target pembeli. Cari tahu perilaku dan gaya hidup terperinci dari konsumen Anda. Seperti yang Anda lihat, penargetan niche membutuhkan komitmen untuk sesuatu yang sangat fokus untuk memulai.

Anda akan menyadari bahwa keunggulan kompetitif ketika merek bisnis Anda adalah untuk mempersempit fokus audiens target Anda. Ini dapat membantu memastikan bahwa pesan merek Anda sangat jelas bagi penerima yang dituju.

Persona Pembeli Merek Anda

Tujuannya adalah untuk membahas bagaimana merek Anda dipersepsikan, baik secara internal maupun eksternal.

Dapatkan refleksi yang jujur dan akurat adalah satu-satunya cara untuk memperbaikinya dan di mana Anda berhasil atau perlu Anda perbaiki.

Penciptaan merek bergantung pada pemahaman benar-benar persona pembeli. Berikut adalah beberapa hal yang perlu didokumentasikan ketika menggambarkan pelanggan ideal Anda:
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Pendapatan
  • Tingkat Pendidikan
Mengidentifikasi audiens target untuk layanan atau produk Anda adalah latihan yang akan memengaruhi dan menguntungkan semua bidang proses pembangunan merek Anda, khususnya upaya pemasaran. Anda ingin orang yang tepat mengkonsumsi konten Anda, mengklik iklan Anda, memilih ikut daftar email Anda, dll.

Akibatnya, menentukan audiens yang ideal untuk bisnis Anda akan mendukung strategi membangun merek digital Anda secara keseluruhan. Ini jelas merupakan langkah pertama yang penting!

4. Tetapkan pernyataan misi merek.

Sudahkah Anda memikirkan misi merek Anda? Intinya, Anda harus membuat ekspresi yang jelas tentang apa yang paling diminati perusahaan Anda.

  • Apa misi perusahaan Anda?
  • Apa manfaat dan fitur produk atau layanan Anda?
  • Apa pendapat pelanggan dan prospek Anda tentang perusahaan Anda?
  • Kualitas apa yang Anda ingin mereka kaitkan dengan perusahaan Anda?
Sebelum Anda dapat membangun merek yang dipercaya oleh audiens target Anda, Anda perlu mengetahui nilai yang diberikan bisnis Anda.

Pernyataan misi pada dasarnya mendefinisikan tujuan untuk yang ada. Ini akan menginformasikan setiap aspek lain dari strategi membangun merek Anda.

Segala sesuatu dari logo Anda hingga tagline, suara, pesan, dan kepribadian Anda harus mencerminkan misi itu.

Ketika orang-orang bertanya kepada Anda apa yang Anda lakukan: jawab mereka dengan pernyataan misi merek Anda.

5. Uraikan kualitas & manfaat utama yang ditawarkan merek Anda.

Akan selalu ada merek dengan anggaran lebih besar dan lebih banyak sumber daya untuk memimpin industri mereka. Produk, layanan, dan manfaat Anda sepenuhnya milik Anda.

Memulai merek yang mudah diingat berarti Anda menggali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang Anda tawarkan, dan tidak ada orang lain yang menawarkan. Fokus pada kualitas dan manfaat yang membuat branding perusahaan Anda unik.

Dengan asumsi Anda tahu persis siapa target audiens Anda (lihat Langkah 3), beri mereka alasan untuk memilih merek Anda daripada yang lain.

Penting untuk dicatat bahwa ini bukan hanya daftar cucian dari fitur yang ditawarkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan atau klien. Pikirkan tentang bagaimana Anda memberikan nilai yang meningkatkan kehidupan konsumen (hasil yang dialami).

Contoh Membangun Merek: Apple

Apple jelas bukan hanya perusahaan komputer saja. Salah satu kualitas utama mereka adalah desain yang bersih, dan manfaat utama adalah kemudahan penggunaan.

Dari kemasan unik hingga acara pengumuman mereka, Apple selalu mengingatkan pelanggan bahwa produknya dapat digunakan langsung.

Apakah Anda ingat slogan Apple pada 1997-2002? Itu "Berpikir Berbeda". Gagasan ini terus ada sampai hari ini.

6. Bentuk suara merek Anda yang unik.

Suara Anda tergantung pada misi, audiens, dan industri perusahaan Anda.

Begitulah cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda, dan bagaimana mereka merespons Anda. Suara merek bisa: Profesional, Ramah, Berorientasi pada layanan, Berwenang, Teknis, Promosi, Percakapan, Informatif.

Ada kata sifat dan kemungkinan tanpa akhir yang dapat membangun suara merek di balik pesan Anda.

Pada akhirnya, Anda ingin memilih suara merek yang masuk akal dan beresonansi dengan target pelanggan Anda. (Sekali lagi, kembali ke Langkah 3!)

Anda akan melihat bahwa jika Anda menemukan dan menggunakan suara merek yang benar, Anda memiliki peluang terkuat untuk terhubung dengan konsumen.

Ini sangat penting saat menerbitkan artikel blog atau posting media sosial. Mempertahankan suara yang konsisten akan membantu citra merek Anda dikenali pada banyak saluran dengan cara yang sama.

Komunitas pengikut, pembaca, atau pelanggan akan mengharapkan suara merek dan kepribadian merek tertentu ketika mereka mengonsumsi konten Anda (lihat langkah selanjutnya).

7. Biarkan kepribadian merek Anda bersinar.

Pelanggan tidak mencari perusahaan pembuat kue lain yang menawarkan hal yang sama seperti orang lain. Mereka mencari pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, didukung oleh interaksi pribadi yang tulus.

Ingin tahu bagaimana merek bisnis Anda dengan cara yang unik? Jadikan kepribadian Anda menonjol dalam setiap aspek proses pembangunan merek Anda. Konsisten dengan kepribadian merek ini di semua titik kontak.

Cerita merek adalah kesempatan untuk berkomunikasi pada tingkat manusia, membuat hubungan emosional langsung dengan konsumen Anda. Artinya, adalah bahwa bahasa yang Anda gunakan harus segera dipahami sambil memukul nada emosional.

Buat itu sederhana dan jelas. Yang paling penting: saat membuat kisah merek, alamat bukan apa yang bisa dilakukan produk Anda ... tapi mengapa itu penting bagi pelanggan Anda.

8. Buat logo & tagline merek.

Ketika Anda berpikir tentang cara membangun merek, visual mungkin terlintas di benak Anda. Langkah ini mungkin merupakan langkah di mana Anda memerlukan bantuan dengan eksekusi kreatif.

Yang paling menarik (dan bisa dibilang bagian paling penting) dari proses membangun merek, adalah membuat logo merek dan tagline untuk perusahaan Anda.

Logo ini akan muncul pada semua yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ini akan menjadi identitas Anda, kartu panggil, dan pengakuan visual dari janji Anda.

Jadi, rela menginvestasikan waktu dan uang dengan menciptakan sesuatu yang luar biasa untuk memperkuat identitas visual untuk bisnis Anda.

Perlu bantuan untuk merek bisnis Anda? Menyewa desainer profesional atau agen branding dengan pengalaman desain logo dan identitas, untuk membantu membuat merek Anda menonjol.

Keahlian mereka akan memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai unik dan abadi untuk bisnis Anda. Seorang desainer juga dapat mengembangkan pedoman merek, untuk memastikan konsistensi untuk setiap aplikasi logo dan palet warna atau font merek yang terkait.

Panduan gaya merek yang kuat akan mencakup hal-hal berikut:
  • Ukuran dan penempatan logo
  • Palet warna
  • Tipografi dan font
  • Ikonografi
  • Fotografi / gaya gambar
  • Elemen web

9. Integrasikan merek Anda ke dalam setiap aspek bisnis Anda.

Proses membangun merek tidak pernah berhenti. Merek Anda harus terlihat dan tercermin dalam segala hal yang dapat dilihat, dibaca, dan didengar pelanggan Anda.

Jika klien masuk ke kantor Anda, atau pelanggan masuk ke toko Anda — citra merek Anda harus dipajang baik di lingkungan maupun dengan interaksi pribadi. Apa pun yang berwujud - mulai dari kartu nama hingga iklan, hingga pengemasan dan produk - membutuhkan cap logo Anda.

Pada platform digital apa pun, pastikan bahwa merek Anda terlihat sama di mana-mana. Gunakan panduan gaya merek Anda untuk menciptakan konsistensi dengan visual seperti penggunaan warna dan logo, font, fotografi, dll.

Situs web Anda adalah alat paling penting untuk memasarkan merek Anda. Saat Anda mendesain situs web Anda: masukkan suara, pesan, dan kepribadian Anda ke dalam konten.

Halaman profil untuk jaringan media sosial harus diberi merek secara visual, dan dengan suara pilihan Anda untuk keterlibatan.

Dan jangan lupa tentang video! YouTube, Facebook Video dan Facebook Live, Snapchat dan Instagram Stories adalah semua platform yang harus memiliki konten yang dieksekusi dengan suara dan kepribadian merek Anda yang unik.

Bagi mereka yang merambah ke audio podcast, patuhi tema yang mendukung pesan, nilai, dan suara merek Anda.

10. Tetap setia pada membangun merek Anda.

Kecuali Anda memutuskan untuk mengubah merek Anda menjadi sesuatu yang lebih efektif berdasarkan respons konsumen yang diukur, konsistensi adalah kuncinya.

Setelah Anda membuat suara merek, gunakan itu untuk setiap konten yang Anda buat. (Lihat di atas, Langkah 6 dalam proses membangun merek.) Dokumentasikan semua pedoman merek yang Anda buat dan distribusikan secara internal untuk referensi.

Apa nilai membangun merek, jika tidak konsisten? Jangan terus-menerus mengubah merek Anda. Ketidakkonsistenan akan membingungkan pelanggan Anda, dan membuat pembangunan merek jangka panjang menjadi lebih sulit.

Contoh Membangun Merek: Starbucks

Starbucks adalah pengecer khusus kopi terkemuka di dunia, dan merek mereka selalu berjanji untuk menyatukan orang.
Misi Starbucks? "Untuk menginspirasi dan memelihara semangat manusia - satu orang, satu piala dan satu lingkungan sekaligus."
 Itulah sebabnya di setiap toko Anda akan menemukan Wi-Fi gratis, meja besar, dan musik yang menenangkan untuk memudahkan mengobrol dengan orang lain. Mereka selalu menulis nama Anda di kopi Anda untuk sentuhan ekstra pribadi.

Meskipun ada perubahan logo pada tahun 2011 (menghapus nama perusahaan!), Persepsi merek Starbucks tetap kuat. Ketika Anda melihat logo putri duyung hijau yang disederhanakan itu, apa yang Anda rasakan? Saya jamin itu sesuatu.

Bonus: Jadilah penasihat terbesar merek Anda.

Ketika Anda membangun merek yang berfungsi untuk bisnis kecil Anda, Anda (dan karyawan Anda) adalah pendukung terbaik untuk memasarkan merek Anda.

Tidak ada yang tahu merek Anda lebih baik daripada Anda, jadi terserah Anda untuk menyebarkan berita.

Saat merekrut karyawan, pastikan bahwa mereka adalah budaya yang selaras dengan misi, visi, dan nilai-nilai merek Anda.

Dorong karyawan untuk membangun merek pribadi yang selaras dengan proses branding perusahaan Anda, semakin memperkuat jangkauan.

Berikan suara kepada pelanggan setia Anda. Dorong mereka untuk mengirim ulasan, atau membagikan konten Anda.

Membangun Kesadaran Merek pada tahun 2020

Sekarang setelah Anda mengetahui langkah-langkah untuk menciptakan sebuah merek dengan sukses, saya ingin dengan cepat membahas komponen-komponen yang diperlukan untuk benar-benar membangun fondasi digital yang baik untuk dibangun.

Setelah Anda mendefinisikan merek Anda, bagaimana Anda mengeluarkan kata itu? Berikut adalah beberapa tips sederhana yang telah teruji waktu :
  • Dapatkan logo yang bagus. Tempatkan di mana-mana.
  • Tulis pesan merek Anda. Apa pesan utama yang ingin Anda komunikasikan tentang merek Anda? Setiap karyawan harus menyadari atribut merek Anda.
  • Integrasikan merek Anda. Branding meluas ke setiap aspek bisnis Anda - bagaimana Anda menjawab telepon Anda, apa yang Anda atau tenaga penjualan Anda kenakan pada panggilan penjualan, tanda tangan email Anda, semuanya.
  • Buat "suara" untuk perusahaan Anda yang mencerminkan merek Anda. Suara ini harus diterapkan untuk semua komunikasi tertulis dan dimasukkan dalam citra visual semua materi, online dan off. Apakah merek Anda ramah? Berbicaralah. Apakah mewah? Lebih formal. Anda mendapatkan intinya.
  • Kembangkan tagline. Tulis pernyataan yang mudah diingat, bermakna dan singkat yang menangkap esensi merek Anda.
  • Rancang template dan buat standar merek untuk materi pemasaran Anda. Gunakan skema warna yang sama, penempatan logo, tampilan dan nuansa di seluruh. Anda tidak perlu mewah, cukup konsisten.
  • Jujur pada merek Anda. Pelanggan tidak akan kembali kepada Anda - atau merujuk Anda ke orang lain - jika Anda tidak memenuhi janji merek Anda.
  • Bersikaplah konsisten. Saya menempatkan poin ini hanya karena itu melibatkan semua hal di atas dan merupakan tip paling penting yang bisa saya berikan kepada Anda. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, upaya Anda untuk membangun merek akan gagal.
Mari kita tinjau cara-cara untuk membangun kesadaran merek melalui pemasaran, keterlibatan dan pembangunan komunitas.

Pengalaman Pengguna Situs Web

Situs web Anda adalah alat pemasaran terpenting yang Anda miliki untuk pertumbuhan bisnis dan pembangunan merek.

Ini adalah tempat yang akan dikunjungi konsumen Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda, dan mengambil tindakan ketika mereka siap. Tidak hanya pengalaman pengguna yang harus luar biasa untuk mengkonversi, tetapi pesan Anda perlu menceritakan kisah merek Anda.

Sangat penting untuk memiliki semua hak di tempat ketika pertama kali meluncurkan situs web Anda, dari pendaftaran nama domain ke hosting web, ke sistem manajemen konten yang tepat (kami sarankan WordPress).

Diatas segalanya: Situs web Anda harus memuat dengan cepat dan ramah seluler (desain web yang responsif). Mayoritas kegiatan pemasaran merek Anda akan mengarahkan lalu lintas kembali ke situs web Anda. Selain antarmuka profesional dan dirancang dengan indah, konten Anda harus menarik.

Ini membawa kita ke elemen berikutnya dari strategi merek digital yang hebat: SEO dan pemasaran konten.

SEO dan Pemasaran Konten

Salah satu cara jangka panjang paling efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan lalu lintas organik yang relevan ke situs web Anda adalah optimasi mesin pencari (SEO) dan konten yang tepat.

Ada banyak cara untuk mencapai posisi dalam hasil mesin pencari. Bertujuan untuk mengembangkan strategi yang komprehensif untuk mengatasi faktor peringkat mesin pencari utama, serta menciptakan konten yang sangat bernilai yang memuaskan niat pengguna.

Ini kesepakatannya: Strategi pemasaran konten yang ditentukan akan membantu Anda terhubung lebih baik dengan audiens target Anda dan mendukung mereka melalui perjalanan pelanggan mereka — membangun kepercayaan merek untuk akhirnya menghasilkan konversi.
Saat membuat blog untuk merek Anda, Anda ingin mempertimbangkan:
  • Konten mana yang akan beresonansi dengan audiens target Anda?
  • Bagaimana konten ditemukan dalam hasil pencarian organik?
  • Kapan frekuensi dan penjadwalan penerbitan optimal?
  • Apa rencana untuk mempromosikan konten?
Strategi merek Anda adalah bagaimana, apa, di mana, kapan, dan kepada siapa Anda berencana berkomunikasi dan menyampaikan pesan merek Anda. Di mana Anda beriklan adalah bagian dari strategi merek Anda.

Saluran distribusi Anda juga merupakan bagian dari strategi merek Anda. Dan apa yang Anda komunikasikan secara visual dan verbal adalah bagian dari strategi merek Anda juga.

Branding yang konsisten dan strategis mengarah pada ekuitas merek yang kuat, yang berarti nilai tambah yang dibawa ke produk atau layanan perusahaan Anda yang memungkinkan Anda membebankan biaya lebih banyak untuk merek Anda daripada perintah produk yang identik dan tidak bermerek.

Contoh paling jelas dari hal ini adalah Coke vs soda generik. Karena Coca-Cola telah membangun ekuitas merek yang kuat, Coca-Cola dapat membebankan biaya lebih untuk produknya - dan pelanggan akan membayar harga yang lebih tinggi.

Nilai tambah intrinsik untuk ekuitas merek sering kali datang dalam bentuk persepsi kualitas atau ikatan emosional. Sebagai contoh, Nike mengaitkan produknya dengan atlet bintang, berharap pelanggan akan mentransfer keterikatan emosional mereka dari atlet ke produk. Bagi Nike, bukan hanya fitur sepatu yang menjual sepatu.

11. Jadilah pahlawan super untuk pelanggan Anda

Branding Anda lebih dari sekadar logo, strategi pemasaran, atau cara Anda menarik perhatian pelanggan, ini tentang apa yang Anda lakukan setelah terhubung dengan pelanggan tersebut. Reputasi yang Anda peroleh dan apa yang dikatakan pelanggan di belakang Anda adalah bagian terpenting dari branding Anda.

Itulah sebabnya jika Anda ingin sukses dalam jangka panjang, Anda harus menjadi pahlawan super bagi pelanggan Anda — dan menjadikan hidup dan bernapas layanan pelanggan adalah prioritas utama Anda.

Pikirkan tentang itu. Apa yang lebih baik diketahui daripada memberikan tingkat layanan tertinggi kepada pelanggan Anda? Jika pelanggan Anda memiliki pengalaman positif setiap kali mereka berinteraksi dengan merek Anda, mereka akan terus kembali — dan mereka juga akan memberi tahu teman-teman mereka.

Cari peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam bisnis Anda. Intinya adalah, semakin baik Anda membuat pengalaman pelanggan, semakin Anda akan dikenal sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelanggannya dan semakin banyak pelanggan yang Anda dapatkan sebagai hasilnya.

12. Kunci Identitas Merek yang Kuat

Identitas merek yang kuat perlu berfungsi untuk semua orang, baik tim internal Anda (mis., Duta merek, pembuat konten) dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (mis., Pelanggan). Saat Anda memulai proses desain, pastikan identitas merek Anda adalah:
  • Perbedaan: Ini menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.
  • Berkesan: Ini membuat dampak visual. (Pertimbangkan Apple: Logo ini sangat mengesankan sehingga hanya mencantumkan logo — bukan nama mereka — pada produk mereka.)
  • Dapat diukur dan fleksibel: Dapat tumbuh dan berkembang dengan merek.
  • Kohesif: Setiap bagian melengkapi identitas merek.
  • Mudah diterapkan: Ini intuitif dan jelas untuk digunakan oleh para desainer.
Jika salah satu dari elemen ini hilang, itu akan menjadi tantangan bagi tim merek Anda untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

samsung galaxy